Source: http://cherli4official.blogspot.com
Friday, November 1, 2013

Mengenal Jaringan GPRS, EDGE, UMTS & HSDPA

cherli4official.blogspot.com 

Dalam dunia komunikasi istilah GSM (Global system for mobile communications) sudah sangat dikenal, salah satu penyebabnya adalah penggunaan telepon genggam yang menjamur pada semua kalangan. Bila dalam jaringan CDMA kita mengenal 1X atau EVDO, pada jaringan GSM juga memiliki tingkat kemampuan transfer data yang lebih beragam mulai dari fase GPRS, EDGE, UMTS sampai dengan HSDPA.
Lalu apakah sebenarnya definisi dari keempat jaringan tersebut? disini admin akan memberikan sedikit asumsi perihal masing - masing jaringan.

GPRS (General packet radio service)
Merupakan teknologi packet data yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer data semisal email, pesan multimedia hingga kemampuan berselanjar web. Jaringan GPRS dapat anda jumpai pada sebagian besar ponsel yang beredar dipasaran, mencangkup kecepatan GPRS sendiri mampu bergerak pada 56 - 115 Kbps.

EDGE (Enhanced data for global evolution)
Memiliki kemampuan serta fitur yang hampir sama dengan seniornya, teknologi EDGE sedikit memberikan perluasan pada hal kecepatan yang mampu bergerak 2X lebih cepat diatas mode GPRS.

UMTS (Universal mobile telecommunications service)
Lebih dikenal dengan nama 3G, UMTS menawarkan opsi serta fitur lain seperti video call atau streaming video dengan kecepatan mencapai 480 Kbps.

HSDPA (High speed downlink packet access)
HSDPA atau 3,5G adalah upaya penyempurnaan dari mode UMTS, meski dalam segi fitur dapat dikatakan senada namun HSDPA lebih diprioritaskan mengingat kecepatan serta kekuatan jaringan dapat diandalkan.

Demikian rangkuman singkat admin perihal GPRS, EDGE, UMTS & HSDPA, mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam posting, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung...

0 comments:

Post a Comment

 
;