Source: http://cherli4official.blogspot.com
Monday, June 18, 2012

Memperkecil Ukuran File Menggunakan WinRar

Sering kita menghadapi masalah dengan ukuran file yang terlalu besar, apa lagi jika anda ingin meng-upload file tersebut tentu akan membutuhkan waktu yang terlalu lama. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips bagaimana cara memperkecil ukuran file hanya menggunakan WinRar.


Dengan terkompresnya ukuran file anda, otomatis juga akan memperkecil ruang yang anda butuhkan untuk menampung file-file dalam jumlah dan skala yang besar.

Langsung saja kita mulai,
  • Pertama yang anda butuhkan adalah file yang ingin anda kompres, usahakan file tersebut berada dalam sebuah folder untuk memudahkan proses kompresi.
  • Klik kanan, lalu pilih add to archive.
  • Pilih format file yang akan anda kompres, seperti RAR atau ZIP.
  • Pada kolom Compression method, pilih menu Best.
  • Klik OK....
Selanjutnya anda tinggal menunggu proses kompresi selesai, setelah itu anda bisa membandingkan ukuran file setelah anda kompres dengan file yang belum anda kompres.
Biasanya proses kompresi berlangsung berbeda dengan tiap file lainya, hal ini dikarenakan ukuran file dan juga tingkat kompresi yang berbeda juga.

Terakhir, anda tinggal mengecek hasil kompresi file anda. Jika file anda mengalami corrupt, antisipasi yang bisa anda lakukan adalah mengganti setting sebelum proses kompresi.

Note : Kompresi file dengan ukuran yang terlampau kecil dapat merusak file, atau mengakibatkan file corrupt.

Sekian tips yang saya berikan, semoga bermanfaat bagi anda semua. Mohon juga tinggalkan komentar anda pada blog saya ini.
Terima kasih...

3 comments:

usaha sampingan online said...

saya kok tidak berhasil ya...
ukurannya sama saja..

cherli4official said...

Tidak semua file dapat anda kompresi dengan tingkat tinggi, semua tergantung dengan ukuran hingga jumlah file itu sendiri...

sendi indrawan said...

saya berhasil

file 4.5GB jadi 620MB :)

thanks yaa

Post a Comment

 
;