Source: http://cherli4official.blogspot.com
Saturday, November 17, 2012

Pengertian 1X, EVDO dan, Hybrid

Berkembangnya jaringan komunikasi semakin mempermudah kita mendapatkan informasi, baik dari dalam negeri maupun diseluruh dunia. Contoh sederhana, dengan menggunakan internet anda bisa berselancar didunia maya untuk menemukan berbagai informasi.



Dalam topik ini, saya akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai jenis jaringan nirkabel khususnya CDMA yang mungkin beberapa dari kita kurang paham dengan makna tersebut.

Dalam jaringan CDMA atau biasa disebut Code division multiple access, terdapat sedikitnya tiga definisi jaringan.
  1. 1x, kode seperti ini mudah anda jumpai pada modem internet CDMA. Kode tersebut memiliki artian, kita dapat menggunakan fasilitas internet bersamaan dengan penggunaan komunikasi yang lain semisal SMS, atau Dial. Jaringan pada modus ini memiliki kekurangan yang segnifikan, dengan menggunakan mode ini anda hanya dapat menikmati kecepatan data sampai dengan 153 Kbps.
  2. Adalah jaringan EVDO atau Evolution data optimized, berbeda dengan mode 1x yang bisa berjalan pada dua arah secara bersamaan. EVDO hanya dapat bekerja untuk jaringan internet saja, namun yang lebih diunggulkan dari mode EVDO adalah kecepatan transfer data yang mencapai hampir 20 kali kecepatan pada mode 1x. Terdapat dua macam jaringan EVDO di negara kita, EVDO Rev O yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 2.4 Mbps dan juga EVDO Rev A yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 3.1 Mbps.
  3. Selanjutnya adalah mode Hybrid, mode Hybrid sendiri cenderung lebih spesifik mengingat mode ini dapat secara otomatis memilah fungsi yang anda gunakan. Mode ini mampu sekaligus bekerja pada dua mode yakni 1x dan mode EVDO, kesimpulannya anda bisa menggunakan mode Hybrid untuk berjalan pada mode 1x maupun EVDO.
Sekian artikel mengenai pengertian mode 1x, EVDO dan Hybrid, semoga apa yang saya tulis bermanfaat bagi anda. Comment box selalu menunggu anda untuk berpartisipasi dalam setiap posting saya, Terima kasih telah berkunjung...

1 comments:

Unknown said...

Thanks
Jelas sekali penjelasannya..

Post a Comment

 
;